Selamat membaca
Cara Memasang Widget Artikel Acak | Random Post di Blog
semoga bermanfaat

Cara Memasang Widget Artikel Acak | Random Post di Blog

Advertisement

Seperti kita ketahui di dalam aktivitas blogging banyak sekali widget yang bisa kita peroleh untuk melengkapi blog agar terlihat menarik . Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk jenis widget artikel acak yang menampilkan judul konten anda dengan maksimal tampilan 10 baris horizontal dan minimal 5 baris. Widget ini fungsinya hampir sama Seperti halnya memasang widget URL feed yang fungsinya menampilkan postingan terbaru, Memasang recent post berjalan atau standart yang berfungsi menampilkan artikel atau konten yang sering di kunjungi visitor.

random post keren

Namun di antara widget yang banyak beredar, Random post merupakan jenis widget blog yang mampu menampilkan artikel anda secara acak, sehingga postingan yang pernah anda buat terdahulu bisa di tampilkan. Cara kerjanya, saat masing- masing halaman di buka maka akan tampil konten yang berbeda.

Sebelumnya saya memutuskan untuk menghilangkan random post dari sidebar, karena sebenarnya widget ini saya nilai dapat memberatkan loading blog, namun setelah melihat kondisi blog yang semakin memburuk, saya memutuskan untuk memasangnya lagi, karena melihat bounce rate yang semakin hari semakin bertambah. Langkah ini juga sebagai tindakan untuk mengurangi bounce rate karena pembaca dapat melihat konten anda secara bervariasi dan tidak terburu buru pergi. Berikut ini kodenya:

<script type="text/javascript">
var randarray = new Array();var l=0;var flag;var numofpost=10;function randomposts(json){var total =parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10);for(i=0;i < numofpost;){flag=0;randarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in randarray){if(l==randarray[j]){ flag=1;}}if(flag==0&&l!=0){randarray[i++]=l;}}document.write('<ul>'); for(n in randarray){ var p=randarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1];for(k=0; k < entry.link.length;k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){var item = "<li>" + "<a href=" + entry.link[k].href + ">" + entry.title.$t + "</a> </li>";document.write(item);}}}document.write('</ul>');}</script> <script src="http://macammacamvariasi.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts" type="text/javascript"></script>


copy dan Paste di dalam Html/ Jva script anda, kemudian simpan dan lihat hasilnya. Perhatikan pada angka 10 yang saya tandai dengan warna merah, menunjukkan jumlah konten yang di tampilkan. Silahkan ganti sesuai dengan selera anda. Pada URL merah gantilah dengan alamat situs anda dan jangan lupa berilah nama yang menarik pada widget tersebut dan jangan hanya terpaku pada nama random post saja. Sehingga pandangan pengunjung akan tertuju dan paling tidak ada niat untuk membaca konten tersebut.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 08:16