Selamat membaca
Cara Mempercepat Loading Blog dan website Agar Seo Friendly
semoga bermanfaat

Cara Mempercepat Loading Blog dan website Agar Seo Friendly

Advertisement

Dalam aktivitas blogging setiap hari, kalimat seo friendly memang harus benar benar di terapkan, alasanya dengan semakin memperbaiki kesalahan yang di timbulkan dari blog tersebut akan semakin meningkatkan kinerja sebuah situs web. Termasuk di dalamnya adalah mempercepat loading blog hingga menuju kata lebih seo friendly. Sebuah kecepatan loading pada website di ukur menggunakan 2 metode yaitu  kecepatan saat di akses menggunakan perangkat seluler dan di ukur menggunakan desktop itu sendiri.

Sebuah loading pada blog apabila terlalu lambat, maka resikonya akan terjadi sebuah bounce rate pada situs yang di kelola, sehingga bukan tidak mungkin blog yang selalu di update masih tetap mengalami kemerosotan pada serp. Seperti saya sudah menjelaskan sebelumnya bahwa bounce rate  di hasilkan dari sebuah kunjungan yang tidak berinteraksi sama sekali dengan blog anda dan berpaling begitu saja. Sehingga blog anda akan di anggap tidak bermanfaat oleh mesin pencari

Bagaimana cara mengetahui kecepatan loading sebuah situs?
Caranya cukup anda gunakan tool webmaster pagespeed insights , selanjutnya ketik URL situs anda pada kolom tersebut dan klik analisys. Tunggu hingga proses analiisa selesai yang kemudian akan menampilkan kecepatan loading blog anda pada versi seluler dan desktop.

Semula blog ini pada kecepatan di desktop hanya 73% dari 100% sehingga terjadi penumpukan bounce rate dan alexa juga semakin membengkak, setelah membaca beberapa kesalahan yang memperlambat akhirnya kecepatan blog ini menjadi 83% dari 100%. Tapi setidaknya saya bersyukur karena agak sedikit berkurang.

Lalu Apa saja yang menyebabkan loading halaman web anda menjadi lambat dan bagaimana cara membuatnya lebih cepat?
1. pemasangan widget java script yang terlalu banyak dan berukuran besar, hendaknya segera kurangi beberapa java script yang berukuran besar. Seperti yang sudah lakukan pada penghapusan widget random post, yang terpaksa saya hilangkan. Karena menurut pribadi, selain random post masih ada RSS feed artikel terbaru, dan widget pada popular post.

2. Pemasangan java script beberapa jenis widget dalam satu baris sejajar, sebelumnya blog ini pada  widget alexa, random post, histats dan DMCA protected saya letakkan dalam 1 baris ke bawah sidebar sebelah kiri, karena menurut saya pribadi tampilanya akan lebih rapih dan sedap di lihat oleh mata pengunjung. Namun pada kenyataan tersebut tidak bisa di terima oleh loading blog itu sendiri. Yang ternyata setelah saya baca google suport tentang loading yang lemot, termasuk di dalamnya menempatkan java script dalam 1 baris sejajar. Itulah mengapa anda lihat pada widget alexa dan DMCA terletak pada sidebar sebelah kanan, dan saya mencoba untuk menguji meletakkan pada si debar sebelah kiri, hasilnya pada persentase loading menjadi lambat lagi.

3. Memperkecil ukuran gambar yang di upload pada konten, kita mengetahui bahwa konten di sertai gambar akan lebih terlihat menarik, untuk itu sebelum memutuskan untuk melakukan upload hendaknya minimalkan ukuran gambar terlebih dahulu menggunakan photosop.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab mengapa loading sebuah situs menjadi sangat lambat, semoga bermanfaat



Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 00:57