Selamat membaca
Google Hari Ini Peringati Hari Batik Nasional
semoga bermanfaat

Google Hari Ini Peringati Hari Batik Nasional

Advertisement

Hari ini tepatnya tanggal 2/ oktober 2014 ada yang special pada tampilan google, saat kita melakukan akses internet menggunakan fitur pencarian google maka akan nampak sebuah gambar yang unik pada tampilan google doodle berupa sekumpulan orang yang menggunakan batik beraneka ragam. Hal tersebut di tujukan oleh google sebagai rasa simpatik kepada warisan budaya indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain yaitu batik indonesia.

google hari ini

Mengenai warisan leluhur tersebut sebenarnya sudah di resmikan oleh PBB sejak lima tahun yang lalu, Yang pada saat itu negara tetangga juga sempat melakukan klaim terhadap batik indonesia yang sudah di terkenal di manca negara. Perlu kita ketahui untuk mengakui budaya batik indonesia memang terbilang alot dan memakan waktu lama. Di mulai dari proses nominasi batik indonesia ke UNESCO pada tanggal 3/ sept/ 2008 yang pada saat itu pihak indonesia harus menunggu lebih dari empat bulan untuk menerima keputusan UNESCO apakah indonesia berhak menyandang  gelar sebagai negara yang memiliki hak cipta atas batik indonesia.

Sebenarnya setiap motif batik yang di buat dalam aneka ragam bentuk juga mempunyai arti tersendiri, Melalui situs resmi UNESCO menyatakan bahwa batik karya indonesia mengartikan eratnya status social, sejarah dan kebudayaan bangsa indonesia, jadi ya wajar saja saat malaysia mengklaim batik indonesia, kita sebagai warga negara tidak akan menyerahkanya begitu saja.

Dan istimewanya lagi, hari batik nasional tidak hanya di peringati di indonesia saja, melainkan PBB memutuskan pada setiap tanggal 2 oktober akan di peringati hari batik seluruh dunia. Jadi bukan tidak mungkin bahwa saat ini tepatnya 2 oktober 2014 dunia melihat sisi indonesia yang kaya akan budaya, Untuk itu kita sebagai warga negara indonesia harus berbangga hati dan  menjaga warisan budaya yang sudah ada sejak lama tersebut.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 22:05