Selamat membaca
Inilah Pemicu Kebakaran Rumah Tanpa di Sadari
semoga bermanfaat

Inilah Pemicu Kebakaran Rumah Tanpa di Sadari

Advertisement

Sedikit cerita waktu mudik lebaran yang akan saya sajikan ini mudah mudahan menjadi inspirasi bagi anda yang sering melakukan aktivitas tahunan yaitu mudik lebaran hari raya idul fitri. Memang artikel ini jauh keluar dari nice blog yang saya kelola, namun artikel ini juga bagian dari tips dan trik sebelum meninggalkan rumah untuk pulang ke kampung halaman atau hanya sekedar jalan- jalan keluar kota.

Dari banyaknya kasus kebakaran tempat hunian, beberapa persen di antaranya di sebabkan oleh vaktor kecerobohan penghuni itu sendiri, untuk itu tidak ada slahnya anda simak sedikit informasi yang saya pelajari dari kesalahan beberapa waktu lalu yang hampir menghabiskan tempat tinggal sekaligus tempat saya mencari nafkah dari toko yang saya miliki.

Toko saya tidaklah besar dngan modal sekitar 150 juta rupiah, namun jika kebakaran yang hampir mengambil harta benda yang saya miliki itu terjadi, mungkin saat ini hanya menyisakkan isak tangis dan penyesalan yang tiada henti. Tapi alhamdulilah yang maha kuasa masih memberikan kesempatan untuk selalu berhati hati dari pelajaran yang hampir saja menimpa.

Sebenarnya sebelum meninggalkan toko saya untuk pulang kampung, saya sudah melihat adanya viing lampu yang sudah tidak layak pakai, pada waktu itu saya lihat kuningan yang berbentuk drat di dalam viting tersebut sudah usang dan berkarat. namun saya membiarkan saja dan tidak menganggap itu suatu masalah. Dan saya memutuskan untuk menyalakan beberapa lampu di dalam dan di luar rumah sebelum meninggalkan.

Di dekat  lingkungan tempat saya tinggal ada sekitar 10 toko yang saling berdekatan, dan pada waktu itu di antara 10 toko tersebut hanya ada 1 keluarga yang tidak mudik waku lebaran tepatnya tetangga sebelah toko saya. Saat siang hari dia mencium ada bau menyengat seperti aroma plastik dan kabel yang terbakar. Dan setelah dilihatnya ternyata benar, sebuah viting di hiasi api yang masih menyala kecil di atasnya hampir saja menjalar melalui kabel. Dengan sigap tetangga saya tersebut mengambil kayu panjang dan membuat lampu beserta vitingnya jatuh ke tanah.

Seketika itu juga api yang hampir menelan seluruh harta benda yang saya miliki. Untuk itu tips dan triknya sbelum mudik lebaran. Cabut semua colokan yang masih saling berhubungan, nyalakan beberapa lampu saja pada bagian luar. ganti erangkat yang sudah tidak layak pakai. Jika anda ingin menyalakan lampu pastikan memakai viting kuningan asli dan kabel yang bagus, karena perangkat yang menggunakan kuningan asli akan tahan terhadap panas dan Semoga bermanfaat.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 19:14