Selamat membaca
Cara Jitu Merawat Printer Agar Tahan dan Berumur Lama
semoga bermanfaat

Cara Jitu Merawat Printer Agar Tahan dan Berumur Lama

Advertisement

Printer kita ketahui bahwa  fungsinya sangat begitu penting sebagai gadget pelengkap komputer. Mencetak dan scan  adalah fungsi utamanya. Namun tak jarang kita temui keluhan  dari berbagai masalah pada printer. Mulai dari catridge, nozze dan fungsi- fungsi lainya. Dan ada juga yang sering menyebutnya dengan masuk angin. Bagi sebagian orang yang berkecukupan, mungkin dengan rusaknya printer tidaklah suatu masalah, sehingga bisa dengan mudah untuk membeli lagi. Namun apa salahnya jika pola hidup hemat di terapkan dengan cara merawat sebaik baiknya.

tips service printer

Sebagai saran utama dari kami adalah, jika anda bukan pengguna aktif sebuah gadget printer maka pilihan untuk memilikinya harab bersabar, lebih baik datang saja ke tempat atau jasa yang menyediakan layanan printing, karena sifat printer jika lama tidak di gunakan akan rentan terhadap kerusakan.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang seputar keluhan printer seperti, bagaimana cara membuat printer agar lebih awet atau bagaimana cara meminimalkan resiko kerusakan pada printer, berikut kami sajikan solusi sederhana dan mudah di lakukan.

- Gunakan printer yang anda miliki secara berkala
sering kita temukan masalah pencetakan seperti pewarnaan yang kurang jelas dan tidak merata, muncul garis putih pada hasil yang di cetak. Hal tersebut merupakan indikasi dari jarangnya penggunaan printer secara teratur, Sehingga nozzle yang seharusnya selalu di aliri tinta akan tersumbat dan berakibat kurang berkualitas pada hasil yang di dapatkan. Untuk tipsnya pastikan anda gunakan minimal satu minggu sekali.

- Jangan terlalu sering memindahkan printer
Bagi anda yang suka kerajinan, biasanya sela- sela ruangan semuanya akan selalu di bersihkan. Dan bahkan printer yang semula berada di lantai anda pindahkan ke tempat lain, Di atas meja misalnya. Namun cara tersebut kurang tepat jika anda mempunyai printer dengan mode pewarnaan yang menggunakan impus. karena jika sering memindahkan posisi printer, tinta yang ada di dalam impus akan mengalami guncangan yang terkadang berakibat tidak stabilnya aliran tinta melalui nozzle. Pastikan jika menggunakan impus memindahkan secara berhati- hati.

- Isi tinta sebelum habis mengering
tujuanya adalah untuk membuat catridge lebih awet

- Pastikan kertas yang akan di cetak selalu bersih.
Penggunaan kertas yang kotor akan berakibat merusak roll yang berfungsi untuk menarik kertas. Sehingga dapat membuatnya mudah aus dan berakibat tidak berfungsi baik lagi.

- Jauhkan dari tempat berdebu.
Debu bukan hanya ada di tempat yang berdebut, bisa juga anda timbulkan saat sedang menyapu lantai, sehingga dari debu yang menempel pada perangkat printer akan membuat berbagai alat berfungsi kurang maksimal. Pastikan untuk menutupi semua area dengan cover plastik.

Demikian tadi trik menjaga printer anda agar lebih awt, tahan dan berumur lebih lama, sehingga tidak mengganggu pekerjan yang cepat harus di selesaikan. Selain trik di atas perlu anda ketahui bahwa kinerja printer tidak bisa di paksakan. Sebagai contoh anda terlalu memaksa untuk mencetak kertas dengan ukurangn tebal, seperti undangan. Hal tersebut juga dapat memudahkan rusaknya printer, pastikan untuk memberi jeda istirahat saat anda mencetak banyak lembar kerja.



Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 08:05