Selamat membaca
Cara Capture Halaman Website secara utuh Tanpa download aplikasi
semoga bermanfaat

Cara Capture Halaman Website secara utuh Tanpa download aplikasi

Advertisement

Memotong halaman ataupun tampilan pada layar desktop yang biasa di sebut capture biasanya bertujuan untuk menyimpan dan bertujuan pada waktu yang di tentukan seseorang dapat melihatnya kembali, atau hanya sekedar mengoleksi file yang di capture. Selain itu mengcapture sebuah halaman website biasa di lakukan pada saat membuat presentasi waktu kuliah atau jika anda seorang blogger tentunya hal ini di lakukan ketika ingin membuat sebuah konten bertema tutorial.

Sebenarnya ada banyak cara mengcapture sebuah tampilan laman salah satunya dengan cara menggunakan tombol keyboard PRTSC pada komputer sebagai capture, seperti sebelumnya saya sudah jelaskan di artikel, Namun kelemahan menggunakan PRTSC (print screen) tersebut hanya memotong sebagian saja atau yang terlihat saja, sehingga bagian yang tidak terlihat dari layar tidak akan tertangkap jepretan capture.

Untuk mendapatkan hasil tangkapan halaman secara penuh baik pada website ataupun ataupun pada layar komputer anda, terlebih dahulu menginstall aplikasi tanpa harus download terlebih dahulu, namun cara ini hanya bisa di lakukan jika anda menggunakan browser mozilla firefox. Dengan cara install aplikasi "awesome screenshoot" dari pengaya mozilla.

Caranya cukup anda klik pada ad ons mozilla firefox dan cari aplikasi tersebut dengan cara mengetikkan nama "awesome screenshoot" kemudian install terlebih dahulu.
ad ons

Setelah terinstall gunakan dengan cara mengklik icon di sudut browser anda, dengan tampilan sebagai berikut.
capture awesome screenshoot

Pilih opsi yang anda inginkan, pada aplikasi terdapat opsi capture visible part jika anda ingin mengcapture sebagian saja, dan pada capture full page anda bisa mengcapture satu halaman penuh. Jika anda ingin menggunakan secara mudah tanpa klik aplikasi di sudut browser, cukup lakukan saja dengan cara mudah dan cepat, yaitu dengan klik kanan pada mouse anda dan tampilanya juga akan sama pada 2 opsi pengcapturan di atas.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 18:18