Selamat membaca
Cara Cetak Nirkabel dari Kitkat | Trik Smartphone Android Terbaru
semoga bermanfaat

Cara Cetak Nirkabel dari Kitkat | Trik Smartphone Android Terbaru

Advertisement

Mencetak dokumen, foto biasanya bisa di lakukan dari pc desktop. Namun seiring proses peralihan komputasi ke perangkat mobile membuat proses cetak- mencetak semakin mudah. Kini menghubungkan pernagkat dengan printer terasa semakin mudah, apalagi sekarang beberapa vendor printer juga menanamkan fungsi cloud printing dalam perangkat printernya.

cloud printing android kitkat
Dalam system operasi android terbaru khususnya kitkat, pengguna di berikan fitur cetak nirkabel/ cloud printing yang bisa di kombinasikan dengan printer yang memiliki koneksi WiFi, selain itu terdapat juga fitur cloud printing, di mana pengguna bisa mencetak secara langsung dari device, fitur tersebut di prediksi akan menjadi fitur andalan untuk printer di masa depan.

Dengan coud printing, pengguna bisa mengakses printer secara nirkabel, jika pengguna tidak memiliki akun google drive, dokumen bisa di simpan di layanan cloud milik printer tersebut.

1. Pastikan anda mempunyai android kitkat
Fitur wireless printing baru di perkenlkan google di android kitkat, walau begitu beberapa vendor telah membuat aplikasinya masing- masing untuk platform android lama. Periksa kembali apakah printer yang di gunakan memiliki kemampuan wireless printing atau tidak.

2. Jaringan WiFi
Cetak nirkabel berarti membutuhkan WiFi, baik dari perangkat mobile dan printer, keduanya harus terhubung dengan jaringan yang sama. Untuk memeriksa apakah perangkat sudah terhubung dengan WiFi buka menu setting>> WiFi.

3. Layanan cetak
Kembai ke halaman menu setting dan lihat pada opsi printing, tap menu printinguntuk membuka layanan cetak yang tersedia. Secara default terdapat 2 pilihan di antaranya cloud print dan yang telah di sediakan, seperti hp service plugin.

4. Cloud Print
Istilah clud printing berarti pengguna bisa mencetak dokumen atau foto ke printer yang terhubung dengan internet. Printer yang memiliki fitur cloud ideal digunakan jika tersedia. Jika tidak, maka pengguna bisa menggunakan pilihan save to google drive.

5. Printer HP
Hp telah bekerja sama dengan google menyediakan layanan cetak dokumen. Hp print service plugin sudah tersedia di perangkat android kitkat. Tap link yang tersedia dan smartphone akan mencari printer nirkabel tedekat.

6. Mulai mencetak
Bukalah dokumen yang ingin di cetak, lalu tap menu ikon menu dan pilih print dalam menu tersebut. Jika tidak ada menu tersedia maka yang di tampilkan adalah menu save to google drive. Tab tombol print di bawah setelah anda mengatur  parameter pencetakan termasuk di dalamnya (ukuran kertas, layout dan warna)

7. Ubah setting HP
Plugin HP memungkinkan pengguna memodifikasi setting. Hal ini bisa di lakukan melalui setting>> system>> printing. Pilih hp plugin dan tap tombol menu di pojok kanan atas untuk mengakses opsi seperti mencetak bolak balik.

8. Cetak dari Browser
Google telah merekomendasikan semua developer agar menyertakan opsi print dalam menu mereka. Dengan demikian pengguna bisa mencetak konten yang sedang mereka lihat secara nirkabel, sebagai contoh dalam browser chrome di kitkat. jika anda ingin mencetak secara langsung dari halaman web, maka tinggal memilih menu di pojok kanan atas, dan pilih opsi print.


Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 08:14