Selamat membaca
Mengatasi Data Terstruktur Hilang Author- Updated
semoga bermanfaat

Mengatasi Data Terstruktur Hilang Author- Updated

Advertisement

Akhirnya masalah lumayan terpecahkan ketika membuka google webmaster tool saya menemukan sebuah pesan error yang menurut laporan  GWT pada data terstruktur di nyatakan hilang author dan hilang updated. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan munculnya pesan tersebut. Saya sendiri sudah mencari ke berbagai blog yang sekiranya membahas tentang masalah ini.

Namun alhasil masalah yang saya hadapi tidak juga dapat terselesaikan. Pada awal mula saya mengikuti panduan yang di berikan oleh webmaster google suport tentang mengatasi hilang updated tersebut, namun jujur saja pada penjelasan yang di terangkan menurut saya hanya berputar putar saja, pembahasan yang ada mengenai rich snippet, sementara rich snipet sendiri banyak yang bilang munculnya berdasarkan kualitas blog. Apa mungkin saya yang bodoh atau bagaimana jelasnya saya juga kurang mengetahui :D, dan  Saya juga tidak begitu mengetahui jika hal ini di biarkan akankah ada resiko tersendiri untuk sebuah blog yang di kelola.

Seperti pernyataan yang pernah saya baca, google tidak akan melakukan tindakan apapun mengenai pesan error tersebut, namun jika anda memperbaikinya akan lebih baik dan juga akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengelola sebuah blog atau situs. Bisa di artikan bahwa jika anda dapat menyelesaikan masalah yang sering muncul pada pesan webmaster dan hampir tidak di temukan masalah, anda layak menjadi seorang webmaster sejati.

Pesan hilang author tersebut biasanya pada jumlah selalu seimbang dan sama dengan jumlah artikel atau konten yang sudah di indeks oleh mesin pencari. Sebagai contoh bisa anda lihat pada gambar, ketika artikel saya  207, kesalahan data terstruktur hilang author dan updated juga sama jumlahnya yaitu 207 halaman.

missing required field updated

Mungkin dan bahkan anda sering bertanya apa sekiranya yang menjadi penyebab masalah tersebut muncul. Masalah tersebut muncul hanya di sebabkan oleh mesin pencari yang tidak menemukan profil pengarang pada konten anda tersebut, sehingga bisa di artikan sebuah konten tak bertuan. Namun ketika saya menambahkan profil kepengarangan, perlahan lahan kesalahan di atas mulai berkurang sedikit demi sedikit. Apakah begitu cara google bot bekerja saya juga kurang mengerti karena saya bukan master SEO lhoo gan :D, hanya saja saya akan berbagi apa yang saya tahu.

Cara mengatasinya bagaimana? mari kita mulai:
Pertama silahkan login ke dashbor blogger anda, kemudian cari template dan edit HTML, seperti biasa backup terlebih dahulu untuk antisipasi kalau saja terjadi error pada template. kemudian cari kode  <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>  dan copy kode berikut ini

 <div class='vcard' id='hcard- Tips dan Trik'>
    <span class='fn n'> 
         <span class='given-name'>Ditulis oleh: Andika Edo</span>
     </span>
          <a class='updated' href='http://macammacamvariasi.blogspot.com/' rel='bookmark'>Tips dan Trik </a>
           Updated at : <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'>
           <data:post.timestamp/></abbr>
</div>

ganti tulisan merah dengan nama anda, URL situs anda dan Nama situs anda,
INGAT: kode tadi di letakkan tepat di atas <b:if cond='data:post.hasJumpLink'> dan bukan di bawahnya, karena kebanyakan blogger membuat artikel untuk meletakkan di bawahnya. kemudian klik pratinjau sebelum menyimpan, jika tidak ada pesan error maka bisa anda simpan template.
dan jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
kepengarangan

dan sebenarnya hanya itulah yang di nyatakan sebagai hilang author dan updated. dan dengan cara di atas bukan berarti dalam waktu cepat proses pemulihan di lakukan. Paling tidak memakan waktu satu bulan atau lebih untuk GWT memperbaikinya, dan juga tergantung pada jumlah konten anda, bisa juga anda lihat pada gambar yang saya ambil di dashbord google webmaster beberapa waktu  lalu yang mulai menurun dan saat ini alhamdulilah mulai bersih :).

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 09:31