Selamat membaca
Cara Menampilkan Foto Profil (Author Rich Snippet) di Pencarian
semoga bermanfaat

Cara Menampilkan Foto Profil (Author Rich Snippet) di Pencarian

Advertisement


Cara menampilkan foto profil di pencarian google memang menjadi trend yang menarik bagi para blogger, walaupun cara tersebut bukan merupakan suatu kewajiban yang harus di lakukan, namun dengan tamiplan foto profil dari google plus anda, akan membuat  lebih menarik untuk di lihat dan semakin berpeluang untuk mendapatkan kunjungan ke blog atau artikel anda. Semula saya juga tidak mengetahui apa nama yang pas untuk menyebutkan tampilan tersebut, maklum karena masih baru di dunia blogging jadinya masih belum banyak tahu,  Ternyata tampilan tersebut di beri nama Rich snippet.

Apa definisi atau arti dari kata rich snippet? adalah data valid yang di tampilkan oleh mesin pencari  berupa foto profil Pada akun google anda yang sudah di unggah, nama penulis artikel (author) , dan juga lengkap dengan tanggal, bulan dan tahun postingan tersebut di buat, serta sudah  di indeks oleh mesin pencari.

Apa pengaruh dan efek yang bisa di dapatkan dari author rich snippet tersebut?  coba perhatikan gambar di bawah ini, dari sekian banyak artikel yang di tampilkan berdasarkan kueri yang di ketik pada pencarian kata kunci.
snippet

Dari 5 judul artikel terdapat 3 tampilan, tentunya 3 foto tersebut akan semakin berpeluang untuk mendapatkan kunjungan pilihan pertama dari pada 2 artikel yang lain tanpa rich snippet . Apalagi konten anda sudah duduk pada halaman satu (page one) :p. 

Namun jangan terburu buru menafsirkan bahwa tampilan google rich snippet tersebut akan muncul pada semua artikel anda. Menurut yang sudah saya baca, mesin pencari hanya akan menampilkan pada konten yang di anggap unik, bermutu dan bermanfaat bagi pembacanya. Jadi nanti jangan merasa heran karena foto profil anda tidak muncul dalam pencarian sebuah artikel yang anda cari.

Bagaimana cara memasang rich snippet dengan mudah pada blog? simak cara berikut ini:
- masuk ke akun blogger  anda terlebih dahulu dan pilih pada template anda kemudian klik edit template HTML dan silahkan cari kode  </title> dan copy kode di bawah, lalu letakkan tepat di bawah kode </title> (untuk antisipasi error HTML backup dahulu template anda)


<link href='https://plus.google.com/111099529471509631104/posts' rel='publisher'/> 
<link href='https://plus.google.com/111099529471509631104/about' rel='author'/> 
<link href='https://plus.google.com/111099529471509631104' rel='me'/>
Ganti angka yang berwarna merah di atas dengan ID google plus anda, jika belum tahu ID anda, silahkan baca artikel singkat cara mengetahui ID goole plus

- Sampai di sini  cara belum selesai, anda masih harus menghubungkan dengan akun  google plus  << klik
 biasanya di sini letak kebingungan saat mencari "kontributor  untuk" karena tampilan yang sudah berubah (dahulu edit profil). Silahkan klik profil google plus di atas dan pilih tab "tentang" pada akun anda (lihat gambar)
tentang profil
Tarik/ scroll ke bawah sampai anda menemukan kolom halaman untuk menuliskan nama situs anda sebagai kontributor.

kontributor
Kemudian klik edit dan pilih pada kalimat  "kontributor di" tambahkan tautan khusus, isi nama blog anda dan URL situs anda.
daftar kepengarangan
- selanjutnya buka alamat ini untuk mendaftarkan kepengarangan >> authorsip
ketik nama gmail anda dan klik " daftarkan kepengarangan "

mendaftarkan email
buka email anda yang di daftarkan untuk verifikasi, dan saatnya uji coba apakah berhasil atau tidak?
dengan mengggunakan webmaster tool rich snippet
rich snippet webmaster

pilih/ copy Salah satu URL artikel anda dan paste di dalam kolom, kemudian klik pratinjau. Apabila terdapat tulisan "kepengarangan bekerja untuk laman web ini" maka proses sudah berhasil dengan contoh artikel yang di sertai foto anda. Di atas tersebut adalah saat saya membuat rich snippet untuk salah satu blog saya yang lain, dan pembuatanya juga bersamaan dengan penulisan artikel ini. Terimakasih semoga bermanfaat.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 00:21