Selamat membaca
Cara Menutup dan Menonaktifkan Kolom Komentar Blog
semoga bermanfaat

Cara Menutup dan Menonaktifkan Kolom Komentar Blog

Advertisement

Bagaimana cara menonaktifkan kolom komentar di blogspot?
Pertanyaan ini seperti terlihat simple namun jika anda kurang memahami dan kurang jeli, apapun alasanya tetap tidak mengetahui fitur komentar pada platform blogger atau blogspot. Biasanya alasan menonaktifkan kolom komentar yang ada di picu oleh beberapa hal.

 Bisa jadi masalahnya di timbulkan oleh banyaknya komentar spam atau komentar dengan menyertakan link URL blog, komentar yang tidak sesuai topik artikel, ataupun komentar dengan unsur yang menghujat atau menjelekkan tentang konten anda.

Seperti yang terjadi di blog ini, yang saat ini anda lihat pada bagian kolom komentar yang saya tutup. Bisa saja hal ini saya lakukan sementara ataupun dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan hal itupun sbelumnya sudah saya coba memikirkan secara matang, sebab blogger indonesia mempunyai ciri yang sama yaitu walaupun sudah di peringatkan tetap saja nekat dengan cara berkomentar spam. Mengingat sulitnya melakukan optimasi yang butuh perjuangan tiada henti, terpaksa saya  menutup komentar blog.

Seperti kita ketahui ketika orang ingin berkomentar di situs ataupun blog dan website anda :), biasanya terdapat beberapa opsi pilihan komentar yang ada, di antaranya ada anonymous atau pengguna tanpa nama dan tanpa akun apapun,  pengguna terdaftar dengan open ID misalnya dan pengguna dengan akun google.

 Namun jika anda tidak menghendaki berbagai komentar itu ya sebaiknya di tutup saja ataupun tambahkan kode tertentu seperti komenytar FB agar pembaca/ visitor yang ingin berkomentar masih bisa bertanya serta memberikan kritik dan saran.

Kita lanjutkan lagi ke masalah topik utama yaitu tentang opsi menonaktifkan fitur komentar yang ada di blogspot, caranya sangat mudah :

  • Sebelumnya pastikan anda sudah login di dasbord blogger anda seperti biasa
  • Langsung saja pilih atau klik pada menu setelan yang berlogo kunci, biasanya terletak paling bawah, tepatnya di bawah pengaturan template blog anda
  • Pilih pos dan komentar
  • Lihat pada bagian "komentar" lokasi komentar, lihat gambar di bawah ya:
komentar blog

  • Jika sebelumnya pada opsi tersemat ataupun yang lainya, maka tinggal anda rubah ke "sembunyikan" dan jangan lupa simpan setelan di sudut halaman atas dashbord anda.
Mudah sekali ternyata ya menonaktifkan kolom komentar yang ada di blogger atau blogspot, jika anda masih bingung silahkan di ulangi lagi dan simak dengan seksama artikel ini dari atas, semoga dapat memberi manfaat yang luar biasa kepada anda semua, khususnya para blogger indonesia yang siap mendapatkan dolar dari internet.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 02:50