Selamat membaca
5 Trik Jitu Menghindar Dari Malware Android
semoga bermanfaat

5 Trik Jitu Menghindar Dari Malware Android

Advertisement

Tips dan Trik android- Di tengah kesuksesan android yang semakin di buru kini, ternyata Keberadaan platform populer tersebut juga mengundang para pembuat kode script jahat untuk membuat berbagai jenis malware yang sengaja di sisipkan dalam bentuk apapun. Seperti beberapa waktu lalu sebagai contoh pembuktian keberadaan malware, google telah menghapus banyak sekali aplikasi yang mengandung program jahat dari play store demi keamanan para pengguna android.

android logo

Sebagai langkah antisipasi agar smartphone anda terbebas dari malware, ada baiknya simak trik berikut ini agar ponsel anda selalu smart di gunakan.

- Hindari mendownload aplikasi bajakan
Barangkali anda sering atau pernah menjumpai sebuah aplikasi yang pada keterangan hanya bisa di dapat dengan cara membeli (aplikasi berbayar) namun saat itu anda juga mengetahui ada penyedia layanan yang menyajikan aplikasi serupa bisa di download secara gratis. Perlu di ketahui bahwa hal tersebut kemungkinan besar bayak di sisipi program jahat di dalamnya.

- Mengunduh aplikasi hanya dari play store saja
Sebagai pengguna android yang cerdas, ada baiknya anda tidak mengunduh aplikasi selain dari google play store. Karena raksasa tekhnology tersebut akan tetap memantau perkembangan aplikasi yang di sajikan  dengan cermat, termasuk membuang aplikasi aplikasi yang terindikasi berbahaya.

- Selalu menggunakan Katalog terpercaya
Semakin maju perkembangan teknology dan akses internet, maka semakin mudah seseorang membuat situs yang menyajikan daftar katalog. Dan semuanya itu dapat di peroleh secara gratis ketika mengunduh. Namun mengunduh aplikasi dari katalog yang menyajikan file turunan/ atau bajakan beresiko terhadap serangan malware. Jika perangkat anda tidak bisa melakukan akses ke playstore, Pastikan  mengunduh dari tiga sumber aplikasi terpercaya lainya di antaranya adalah : galaxy apps [samsung] , Amazon app store dan juga nokia store

- Lihat ulasan aplikasi yang ada.
Biasanya saat mengunduh aplikasi di play store ada beberapa ulasan yang di sertakan di bawahnya dari pengguna lainya. Lihat pada ulasan tersebut, jika ulasan yang di tulis banyak mengandung reiko buruk, sebaiknya hentikan niat untuk mengunduhnya.

- Gunakan scanner malware terpercaya (google)
Mengingat banyaknya  jenis scanner  yang tersedia, pastikan anda menggunakan scanner malware resmi google. Biasanya perangkat android V 2.2 ke atas memiliki fitur malware scanner, yang berfungsi melakukan scan terhadap aplikasi yang anda unduh dari luar google play store.





Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 21:37