Selamat membaca
3 Cara Menghemat Memori Internal di Android
semoga bermanfaat

3 Cara Menghemat Memori Internal di Android

Advertisement

Kebiasaan seseorang yang hobi dengan menginstall aplikasi favourite biasanya menjadi salah satu problem tersendiri bagi perangkat android yang di miliki, sehingga dari besarnya kapasitas memori internal yang di gunakan bukan tidak mungkin akan menjadikan sebuah perangkat menjadi lebih lambat atau lemot. Terkadang ingin sekali menghapus beberapa aplikasi untuk meringankan kapasitas memori internal, namun aplikasi tersebut ternyata aplikasi yang banyak di sukai. Solusinya adalah hanya ada satu yaitu dengan cara memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke SD card, sehingga dengan cara tersebut  akan memberikan banyak ruang kosong untuk terhindar dari masalah lambat atau error.

Selain solusi di atas ada baiknya ikuti tips dan trik android tentang 3 cara sederhana dan mudah menghemat kapasitas memori internal di android smartphone yang anda miliki:
 1. bersihkan cache 
Cara ini memang umum di jumpai, walaupun tidak dapat menyelesaikan masalah secara penuh, namun paling tidak bisa mengurangi cache aplikasi yang sudah pernah di gunakan. Cache berfungsi menyimpan sejarah data yang sudah pernah di gunakan sebelumnya di dalam sebuah aplikasi, biasanya memang dengan adanya cache akan lebih mempercepat proses dalam menjalankan sebuah aplikasi. Dengan menghapus cache maka memori akan sedikit lebih lega beberapa MB.
Untuk membersihkan cache tersebut, terlebih dahulu install aplikasi history eraser yang bisa anda dapatkan di android market tentunya, setelah proses install selesai buka dan jalankan aplikasi history eraser tersebut dan beri tanda centang pada tulisan "clear all apps cache" maka secara otomatis akan terhapus seluruh history.

2. Pindahkan aplikasi yang di maksud ke SD card
cara ini kita sudah membahas di paragraf pertama, jika anda belum mengetahui cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD card simak trik berikut ini, namun sebelumnya cara ini di khususkan bagi anda penguna android froyo(2.2) dan gingerbread (2.3)
- langkah pertama tekan tombol home dan tekan pada tombol menu.
- selanjutnya klik setting dan klik aplications
- Klik manage aplications dan pilih pada aplikasi yang ingin di pindahkan ke SD card
- langkah terakhir klik pada move to SD card.

Perlu di garis bawahi bahwa jika anda menemukan aplikasi yang tidak dapat di pindah, dan tidak menjumpai "move to  SD card" tetapi anda menjumpai "move to phoe" menandakan bahwa aplikasi tersebut sudah terinstall pada SD card



Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 05:14