Selamat membaca
Tips Aman Belanja online Untuk Penjual Dan Pembeli
semoga bermanfaat

Tips Aman Belanja online Untuk Penjual Dan Pembeli

Advertisement

Belanja online sekarang sangat menjadi trending di kalangan masyarakat, khususnya yang mengerti tentang tata cara menggunakan internet dan komputer serta mengetahui cara berbelanja online yang benar. Namun tak sedikit dari masyarakat yang tertipu oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga sering saya mendengar banyak sekali yang tertipu bahkan mencapai puluhan juta rupiah.

belanja  online

Sebenarnya seseorang bisa tertipu di sebabkan beberapa hal yaitu:
- Terlalu percaya kepada pihak yang menjual atau yang membeli dengan iming- iming yang menggiurkan.
-. Kurangnya pengetahuan tentang cara belanja online yang aman.

Sebenarnya berbelanja online yang aman hendaknya lebih di imbangi dengan rasa curiga, namun rasa curiga tersebut dengan  mencari dasarnya yang lebih masuk akal. Khususnya belanja perseorangan, misalkan anda menemukan seorang penjual handpone di situs jual beli seperti toko bagus atau berniaga. dan kebetulan jenis barang yang di tawarkan adalah yang anda cari, apa yang akan anda lakukan selanjutnya :

Berikut  Tips Aman Belanja online dengan Trik Kuno Tapi Ampuh yang akan membuat penipu tidak akan bisa berbuat lebih banyak.
1. tanyakan harga barang yang di jual , kemudian coba cari informasi harga barang tersebut di berbagai media atau kepada seseorang yang mengetahui lebih detil tentang informasi harga yang di maksud.

2. Apabila harga tersebut sangat murah dan jauh dari harga standart, janganlah merasa senang dahulu karena biasanya penipuan di awali dengan harga murah yang menggiurkan, selain daripada itu untuk mengetahui jenis barang tersebut asli atau palsu.

3. Tanyakan terlebih dahulu nama dan alamat kemudian catat dalam selembar kertas atau di buku tulis, tapi jangan di catat di telapak tangan ya :D

4. Mintalah bukti foto KTP (kartu tanda penduduk) bukan kartu tanda penipu ya?? nah biasanya di sini seseorang akan langsung percaya dengan melihat KTP yang di tunjukan. Tipsnya adalah jangan langsung percaya begitu saja lihat biasanya edit KTP mudah di lakukan dengan adobe potoshop. Apabila hasilnya kasar pada gambar, berarti palsu dan bukan itu saja silahkan simak selanjutnya.

5. Setelah itu, inilah hal yang membuat penipu tidak bisa berbuat lebih jauh lagi, mintalah orang tersebut untuk berfoto dengan menyertakan koran terbitan pada pada hari/ atau minggu yang sedang berlangsung. serta menampilkan tanggal dan alamat koran lebih jelas. kenapa harus begitu, karena koran adalah media cetak yang tidak bisa berbohong untuk belanja online seperti koran palembang terdapat SRIWIJAYA POST  palembang ,dan biasanya terdapat tanggal, misalnya 01 maret 2010 untuk terbitanya.

- apabila orang yang bersangkutan menyebutkan alamat yang berbeda dan tidak bisa memenuhi permintaan maka terindikasi sebagai penipu. karena pada koran yang di tampilkan dengan wajahnya, sama sekali tidak bisa di edit menggunakan media apapun itu. lakukan permintaan tersebut dengan cara sebagai berikut,

contoh : saya mau anda berfoto dengan menyertakan koran wilayah anda pada terbitan hari kemarin dengan cara di hadapkan ke kamera bersama wajah anda lebih jelas tanpa di edit. Lebih bagus dan aman jika orang tersebut berfoto tampak depan dan samping.

 alasanya , karena koran terbitan hari kemarin tidak mungkin muncul pada hari sebelumnya, sehingga penipu tidak bisa mencari foto seseorang yang menggunakan tanggal terbitan koran kemarin di internet. Karena biasanya para penipu melakukan kejahatan dengan menampilkan foto orang lain dan mengeditnya dengan aplikasi potoshop.

Memang cara ini terbilang exstrim untuk di lakukan, namun apabila di bandingkan dengan puluhan juta rupiah yang bakal lenyap, anda memilih yang mana?

begitulah tadi tips ampuh belanja online untuk terhindar dari modus- modus penipuan. dan sebenarnya metode ini sudah lama di gunakan ketika harga hewan yang namanya " tokek " di kabarkan mencapai milyaran rupiah untuk jenis tokek dengan bobot tertentu, pembeli biasanya meminta trik di atas agar tidak sia sia datang dari jauh untuk mendapatkan barang yang sesuai. dan pembeli mengkhawatirkan seorang penjual yang sekedar iseng dengan mengambil gambar tokek di internet, dan kita tahu bahwa gambar 1 jenis barang terdapat ribuan bahkan jutaan di google. sehingga seseorang akan mudah mengambilnya.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 02:31