Selamat membaca
Fungsi dan Kegunaan Tool (alat) Pada Photosop
semoga bermanfaat

Fungsi dan Kegunaan Tool (alat) Pada Photosop

Advertisement

Biasanya pemula yang baru  di bidang komputer khususnya baru mengenal photoshop, masih awam sekali dengan fungsi dari masing- masing tool. Sedangkan untuk tool sendiri terkadang masih belum mengerti definisi dari kalimat " tool " itu sendiri. Tool bisa di artikan sebagi alat yang berguna dan berfungsi pada sebuah aplikasi, atau juga bisa di sebut alat pada software tersebut. Sehingga dalam dunia blogging biasanya sudah tidak asing lagi dengan kalimat tool.

Berikut ini fungsi dan kegunaan tool pada adobe photosop baik itu type cs 2, cs 3 dan seterusnya.

move tool  Move tool
atau sering di sebut drag : berfungsi memindahkan media/ gambar dari satu bingkai ke bingkai yang lain dengan cara klik kiri --> tahan dan geser ke bingkai lain.


rectangular marque tool  Rectangular marque tool 
berfungi untuk menyeleksi gambar/ objek dengan bentuk kotak. selain rectangular tool terdapat juga Single Column Marquee Tool, Eliptical Marquee Tool dan juga Single Row Marquee tool .

magnetic lasoo tool Magnetic lasso tool
Berfungsi memotong objek dengan cara kerjanya seperti magnet, alat ini otomatis melekat ketika di arahkan ke sisi garis gambar yang akan di potong, sehingga akan terhindar dari pemotongan yang tidak di inginkan, sangat cocok untuk memotong objek yang rumit.

tool yang masih satu jenis dengan magnetic lasoo tool  adalah

lasso tool Lasso tool
Alat ini juga memotong objek tetapi dalam bentuk bebas, sesuai dengan kemauan anda, sehingga di butuhkan ketelitian tersendiri dalam memotong objek, terutama pada tepi yang akan di potong.

crop tool Crop tool
memotong halaman/ objek yang akan di gunakan dengan bentuk kotak secara langsung, atau juga bisa di sebuut screen shoot


slice select tool
di gunakan untuk memotong object dalam bentuk lurus atau sedikit melengkung, biasanya ara editor foto lebih suka menggunakan tool ini daripada lasso tool, magnetic tool dan sejenisnya. karena hasil yang di dapatkan saat memotong tidak akan hilang ketika di tinggal beberapa lama untuk di lanjutkan lagi.

eyedropper tool eyedropper tool
berfungsi untuk mencari warna yang sama, dan menyatukanya dengan media yang ingin di warnai , sebagai contoh mengambil warna kulit, dengan cara menyentuhkan saja untuk kemudian di oleskan pada bagian yang di kehendaki.


hand tool Hand tool
Digunakan untuk menggeser objek, memperbesar dan memperkecil.


eraser tool Eraser tool
 tool ini berfungsi menghapus objek yang diinginkan layaknya penghapus.


horizontal type toolHorizontal type tool
alat ini di gunakan untuk membuat tulisan dalam bentuk horizontal atau ke samping, dan tersedia juga untuk membuat tulisan vertikal

Itulah tadi tool yang umum di gunakan pemula dalam edit foto, sebenarnya masih banyak lagi, namun anda bisa mencobanya dan mengembangkan sendiri. Baca juga artikel tentang kegunaan tombol pada keyboard komputer secara lengkap.

Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 23:52