Selamat membaca
Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Blog Wordpres
semoga bermanfaat

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Blog Wordpres

Advertisement

Sitemap sering juga di sebut sebagai peta situs, sehingga jika anda baru saja membuat sebuah blog baru maka di wajibkan untuk mengirimkan peta situs anda di google webmaster tool. Tujuanya tidak lain untuk memberitahukan google bot merayapi konten konten dari setiap halaman di website anda utnuk segera cepat di indeks sehingga cepat terbaca oleh orang lain.

submit sitemap


 Namun metode pembuatan sitemap yang berformat XML, pada platform blogger/ blogspot berbeda dengan platform wordpress baik org ataupun com. Yang pada platform blogspot biasanya cukup menuliskan format sebagai berikut : /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=800

Penulisan sitemap di atas tidak bisa di terapkan jika anda menggunakan wordpress. Namun tenang saja karena wordpress merupakan platform paling mudah untuk di gunakan daripada bloogger (menurut saya) anda hanya tinggal meembuat dengan cara mengcopy pada plugin yang tersedia.

Cara terbaru membuat sitemap untuk wordpress
- Namun sebelum membuat sitemap, pastikan dahulu anda sudah mendaftarkan situs anda di google webmaster, caranya sudah banyak di bagikan oleh teman teman blogger yang menduduki page one :p

Berikut panduan submit sitemap di GWT:

Sebelum mengetahui bentuk sitemap yang akan di submit, pastikan anda mendownloadnya terlebih dahulu plugin "google xml sitemap 4.0.8" silahkan cari di internet
 namun perlu di ingat dan di ketahui bahwa plugin Google xml sitemap itu banyak versinya, 
saya sendiri menggunakan versi 4.0.8 dan jika anda memilih versi lainnya  silahkan saja.

-  Download plugin tersebut sampai selesai, biasanya waktunya cukup singkat saja. ingat terlebih dahulu folder tempat anda menyimpan plugin tersebut.
- Tambahkan plugin tersebut ke dashbord wordpress anda, sampai di sini saya rasa anda cukup mengetahui, dengan cara : klik plugin---> add new---> upload plugin dan pilih file download xml sitemap tadi, jangan lupa klik active untuk mengaktifkanya.

plugin xml sitemap wordpress versi 4.0.8


- Klik setting pada pluggin google xml sitemap, dan itulah perbedaan plugin tersebut pada setiap versinya, selain versi 4.0.8 bagian setting terletak di area lain.
- selanjutnya akan terlihat halaman XML- sitemap generator seperti pada gambar di bawah.

xml sitemap generator

- klik pada link sitemap tersebut (lingkaran merah)
- Selanjutnya, biasanya akan di tampilkan 3 pilihan sitemap seperti berikut ini
http://domainanda.com/sitemap-misc.xml
http://domainanda.com/sitemap-pt-post-2014-11.xml
http://domainanda.com/sitemap-pt-page-2014-11.xml

dan silahkan pilih salah satunya, kemudian copy mulai dari sitemap-pt-post-2014-11.xml
tanpa http domain anda.com/ dan silahkan submit di webmaster, selamat mencoba ya cara submit sitemap menggunakan xml sitemap generator sudah selesai, selanjutnya serahkan pada google untuk meng- crawl conten anda.



Advertisement

Share this article:
Ditulis oleh: Andika Edo Tips dan Trik Updated at : 22:22